Minggu, 30 Desember 2018



Jepara – Seorang anggota TNI, khususnya seorang Babinsa di tuntut untuk mampu berbicara di depan publik, baik did epan siswa maupun masyarakat umum. Seperti yang di laksanakan oleh Babinsa desa Damarwulan Koramil 08/Keling Serka Abdul Munif, yang memberikan materi Meningkatkan Jati Diri Kepemimpinan dan Karakter kepada 36 orang siswa siswi OSIS SMK Al-Husain di Kelet Hotel Area Out Bond Kelet kecamatan Keling Jepara, Kamis (27/12/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Sekolah SMK Al-Husain bapak Siswiloyo Aji S Sos, Dewan Guru SMK Al-Husain, Siswa-siswi OSIS SMK Al-Husain dan Panitia penyelenggara bapak Wahyu Cahyo Aji SPdi beserta staf.

Dalam materinya, Serka Abdul Munif menjelaskan tentang sifat-sifat kepemimpinan yang baik, yang meliputi kecerdasan, ketegasan, pengabdian, adaptasi, energik, semangat, dan sebagainya. Kepemimpinan dengan sifat-sifat tersebut menunjukkan jati dirinya sebagai pemimpin transformasional. “Jika ingin mengetahui dan meningkatkan kemampuan bagaimana cara kepemimpinan yang baik, maka hal yang utama dilakukan adalah mengenal dan memahami cara memimpin diri sendiri, kemudian barulah mulai mengembangkan kemampuan memimpin dalam lingkup luas”, jelas Munif.

“Sebagai anggota OSIS, yang notabennya adalah menjadi pemimpin bagi siswa lainnya, harus bisa berkomunikasi dengan baik. Lakukan komunikasi yang terbuka, saling menghargai, dan dengan komunikasi yang jelas. Bangun pula kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik dari pihak lain. Dan yang terpenting adalah harus mampu menjadi teladan atau model bagi siswa lainnya, dengan tetap menampilkan sikap dan perilaku yang bisa menjadi contoh bagi yang lain”, tuturnya.

Serka Abdul Munif menambahkan, bahwa sebagai anggota OSIS harus mampu membangun sikap positif, optimis, dan dedikasi. Sikap ini akan mendorong seorang pemimpin untuk bekerja maksimal tanpa kenal kata lelah, menyerah, dan acuh terhadap keadaan dan juga akan berpengaruh pada keberhasilan organisasi. “ Dan terakhir harus memiliki kemampuan memotivasi dan menghargai rekan sesama siswa, dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi perubahan dalam organisasi dan lingkungan ke arah yang lebih baik”, pungkasnya.   (pendim jepara)

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 

Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Barat

Bali

Jawa Tengah