Jumat, 14 Juni 2019



Mataram, NTB, Siaranpublik.com  -  Pangkalan TNI AL (Lanal) Mataram berhasil menggagalkan upaya penyelundupan Satwa Liar yang tidak dilindungi undang-undang tanpa dilengkapi dokumen yang sah di Pelabuhan Lembar Kab.Lombok Barat, Senin 10/06/2019.

Prajurit Lanal Mataram yang sedang bertugas di Pelabuhan Lembar Kab. Lombok Barat berhasil mengamankan kendaraan truk dengan Nopol DK 9490 SQ yang dikemudikan Sdr. MW asal Montong Are Kec. Kediri Kab. Lombok Barat. Menurut keterangan MW Satwa Liar jenis burung tersebut ditiitpkan oleh seseorang berinisial IS yang beralamatkan di kelurahan Bertais Kec. Sandubaya Kota Mataram yang rencananya akan dikirim menuju daerah Denpasar Bali.

Kemudian kendaraan truk diamankan menuju Mako Lanal Mataram. Lanal Mataram yang diwakili oleh Pasintel Lanal Mataram didampingi Pjs. Pasops bersama petugas Polhut Prov. NTB dan petugas BKSDA Provinsi NTB melaksanakan pemeriksaan terhadap sopir dan pemilik burung tersebut.

Dari hasil pemeriksaan diperoleh barang bukti berupa burung berjumlah 1.858 ekor yang tidak dilindungi dan dapat dipasarkan yang terdiri dari 1.050 ekor burung jenis Kecial Kuning, 420 ekor burung jenis Kelincer, 315 ekor burung jenis Beranjangan, 38 ekor jenis Daicu dan 35 ekor burung jenis Perkutut.

Dari pemeriksaan yang dilakukan terhadap Sdr. IS diperoleh keterangan bahwa burung tersebut berasal dari Daerah Bayan Kab. Lombok Utara, Sekotong Kab. Lombok Barat dan daerah Sumbawa yang dibeli dari masyarakat sekitar dengan harga perekor antara Rp 2.000 sampai dengan Rp 50.000. Dari pengakuan Sdr. IS, burung-burung tersebut dikirim untuk dijual di daerah Bali khususnya pasar burung Satria Denpasar dengan menitipkan kepada supir truk dengan memberikan imbalan sebesar Rp 500.000.

Dari alat bukti permulaan serta tindakan yang telah dilakukan oleh Penyidik, tidak ditemukan adanya satwa liar yang dilindungi oleh undang-undang. Kemudian barang bukti berupa burung berjumlah 1.858 ekor untuk dilepasliarkan ke habitat alam.

Sumber: Dispenal

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 

Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Barat

Bali

Jawa Tengah