Rabu, 24 Juli 2019



Barabai Kalsel. Danramil 1002-07/Pagat Kapten Inf Andi Tiro bekali peserta Pendidikan dan Latihan (Diklat) bagi organisasi kepemudaan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda Olah Raga Budaya dan Pariwisata Kab. HST  dengan dasar-dasar kepemimpinan bertempat di taman wisata Baruh Bunga Out Bound,pada Rabu (24/7).

Dihadapan 30 orang (Perwakilan Mahasiswa Se-Kab. HST) peserta Dikalat Kapten Inf Andi Tiro meyampaikan  bahwa Kepemimpinan adalah seni mencapai sesuatu yang lebih daripada apa yang diperkirakan mampu dicapai oleh ilmu manajemen (Colin Power).
Kepemimpinan yang baik adalah seseorang yang memiliki wewenang formal untuk melakukan tugasnya melalui orang lain, untuk mengahasilkan kinerja yang ditargetkan dengan cara menggerakkan keyakinan rekan-rekan kerjanya bahwa mereka bekerja untuk kepentingan diri mereka sendiri.

Lebih lanjut Andi Tiro menyampaikan apabila ingin menjadi  pemimpin seseorang harus dapat mengenali 6 (enam) hal yaitu.; Kenali diri sendiri (konsep pengenalan diri), Kenali Situasi yang dihadapi (Harus peka terhadap semua aspek yang menjadi tanggungjawabnya), Pilih gaya yang cocok dengan situasi tersebut (Memperhatikan skill dan pengetahuan anak buah dan tempat kerja serta bagian lain yang support bagian kita), Penuhi Kebutuhan Tugas (perlengkapi dengan senjata yang baik  seperti tools,mesin,dll), Penuhi Kebutuhan Kelompok (Siapkan dengan solusi ,meeting rutin dan Apresiasi) dan penuhi Kebutuhan Individu (Adanya pendekatan dengan seluruh bawahan).

Masih menurut Andi Tiro Latihan dan pengalaman sangat penting untuk mendapatkan perspektif baru yang dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan (Kemauan dan keinginan sepihak; kebanggaan dan penolakan; ambisi pribadi).
Sangat disarankan untuk mencapai keseimbangan diantara proses pengembangan pribadi dan intelektual dibandingkan dengan emosi, sehingga akan mnejadi faktor pengendali dalam kemampuan intelektual.
Peningkatan diri dalam pengetahuan, keterampilan dan sikap sangat dibutuhkan untuk menciptakan seorang pemimpin yang berprinsip karena seorang pemimpin seharusnya tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga emosional (IQ, EQ dan SQ),pungkasnya.(pendim1002).

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 

Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Barat

Bali

Jawa Tengah