Jumat, 19 Juli 2019



Maluku Utara, SiaranPublik - Dukungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam rangka penanggulanganan bencana yang terjadi di Indonesia, memiliki tujuan untuk mewujudkan stabilitas sosial masyarakat di wilayah terdampak bencana alam. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, terdapat beberapa sasaran penyelenggaraan dukungan TNI di wilayah bencana, diantaranya terwujudnya rasa aman bagi para pengungsi dan korban di wilayah terdampak bencana alam, terwujudnya rehabilitasi wilayah pasca bencana alam, terwujudnya kemanunggalan TNI-rakyat dalam rangka menangani masalah akibat bencana alam dan sosial kemanusiaan.

Untuk tujuan tersebut lah maka, TNI dalam hal ini Kodam XVI/Pattimura selaku Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) memberikan dukungan dengan mengirimkan personel yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Bencana Alam (Satgasgulbencal) Maluku Utara ke daerah yang terdampak bencana alam gempa magnitudo berkekuatan 7,2 SR yang mengguncang beberapa wilayah di Halmahera Selatan, Maluku Utara, pada Minggu (14/7). Pengerahan Satgas Penanggulangan Bencana Alam (Satgulbencal) Maluku Utara ini sebagai pelaksana penanggulangan operasi membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Pagi tadi (18/07), Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, S.I.P. memimpin apel pemberangkatan Satgas Penanggulangan Bencana Alam (Satgasgulbencal) Maluku Utara, bertempat di Pelabuhan Kapal Cepat Tulehu, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Satgas Penanggulangan Bencana Alam (Satgasgulbencal) diberangkatkan dengan menggunakan Kapal ADRI AD-64 Satgas BKO Kodam XVI/Pattimura dengan tujuan Desa Saketa (Halmahera Selatan) Kodim 1509/Labuha. Adapun selain membawa tenaga kesehatan yang terdiri dari 2 dokter dan 8 perawat medis, Kapal ADRI AD-64 Satgas BKO Kodam XVI/Pattimura juga membawa alkap, obat-obatan dan logistik penanganan bencana, baik kayu, tenda-tenda serbaguna, tenda kesehatan, velbet dll.

Kasdam mengatakan, “Kodam XVI/Pattimura setelah mendapatkan informasi terkait bencana alam gempa bumi yang terjadi di Maluku Utara pada hari minggu lalu, langsung membentuk Satuan Penugasan (Satgas), saat ini PangdamXVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq sudah berada di lokasi. Satgas ini terdiri dari Satgas bantuan guna mendirikan dapur lapangan dan posko disana, yang bertugas selama kegiatan tanggap darurat”.

“Hari ini Satgas tersebut di berangkatkan langsung ke sasaran sampai waktu yang tidak ditentukan untuk memberikan bantuan kemanusiaan di daerah yang terdampak bencana”, tandas Kasdam dalam wawancara persnya. (Pendam16)

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 

Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Barat

Bali

Jawa Tengah