Jumat, 19 Juli 2019




Pasuruan, Jatim, www.siaranpublik.id - Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 23 Tahun 2019, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Kesehatan menyelenggarakan gebyar kegiatan, Kamis tanggal 18 Juli 2019 di GOR Untung Suropati, Jalan Sultan Agung Purutrejo, Kota Pasuruan. Ada senam sehat bugar lansia, seminar kesehatan massal dan pemeriksaan kesehatan panel.

Peserta sebanyak 510 masyarakat pra lanjut usia dan lanjut usia. Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Walikota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo.  Narasumber dari DPW Persatuan Ahli Gizi (Persagi) Jawa Timur. Menurut Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, dr. Shierly Marlena, tujuan memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN)  adalah untuk meningkatkan akses serta kualitas layanan kesehatan bagi lanjut usia dan pra lanjut usia. Tujuannya,  guna meningkatkan derajat kesehatan lanjut usia untuk mencapai lanjut usia yang sehat, mandiri, aktif, produktif dan berdayaguna bagi keluarga dan masyarakat.

Adapun tema dan subtema Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 23 Tahun 2019 adalah “Lansia Mandiri, Sejahtera, dan Bermartabat”. Lansia sehat dan berdaya, keluarga bahagia untuk lansia sehat, mandiri, aktif, dan produktif”. Tema ini sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga (PIS-PK) yang menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan.

Sedang menurut Wakil Walikota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo, ST, upaya kongkrit Pemerintah Kota Pasuruan dalam memberdayakan lanjut usia guna menciptakan lansia sehat, mandiri, aktif, dan produktif telah dilakukan di berbagai bidang. Salah satunya bidang kesehatan, melalui Puskesmas santun lanjut usia, Posyandu lanjut usia dan program-program pemeriksaan kesehatan bagi lanjut usia dan lain sebagainya. Oleh karena itu diharapkan adanya program-program yang pro dengan pemberdayaan kesehatan lanjut usia lainnya untuk lebih dioptimalkan dan ditingkatkan lagi kualitasnya.

Teno berharap semangat bagi seluruh lanjut usia untuk ikut berkiprah dalam pembangunan, sekaligus menjadi sesuluh serta motivasi bagi generasi muda untuk berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia, khususnya  Kota Pasuruan. (zaelani)

Sumber:  siaranpublik.com

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 

Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Barat

Bali

Jawa Tengah