Selasa, 23 Juli 2019




Pasuruan, Jatim,  www.siaranpublik.id - Memperkenalkan buku pada anak sejak dini, akan membangun kebiasaan yang baik dalam mengembangkan pengetahuan dan membuat anak kaya akan kosa kata dan pada akhirnya anak menjadi pandai dalam menulis dan membaca dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Untuk itu kontribusi Ayah dan Bunda membacakan buku adalah sebuah kebutuhan dalam pengasuhan karena banyak orang yang sukses diawali dengan kecintaannya akan membaca.

Membacakan buku pada anak dapat mengoptimalkan kemampuan berkomunikasi dan berbahasa sejak dini. Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pasuruan, Selasa (23/7/2019) bertempat di Gedung Gradhika Bhakti Praja Kota Pasuruan, menggelar kegiatan peningkatan mutu pendidikan anak usia dini (PAUD) dalam rangka gerakan nasional orang tua membacakan buku (Parenting Gernas Baku).

Kegiatan tersebut dihadiri Ibu Wakil Walikota Pasuruan, Ibu Ketua GOPTK, Bapak / Ibu Pengawas / Penilik, Ibu Ketua Forum PAUD, dan Ibu Ketua IGTKI, Ibu Guru / Bunda PAUD

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pasuruan, Dra. Astutik, maksud kegiatan ini adalah untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah dan  di satuan PAUD dan di masyarakat.

Tujuan diadakan Gernas Baku adalah membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak; mempererat hubungan sosial emosi antara anak dan orang tua, serta menumbuhkan minat baca anak sejak dini. Peserta terdiri dari wali murid / orang tua sebanyak 100 orang, siswa – siswi PAUD sejumlah 100 orang dan guru / pengelola PAUD sejumlah 65 orang.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pasuruan, Ir. Siti Zuniati, MM, mengatakan, Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku kepada anak adalah gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak serta pembiasaan di rumah, di satuan pendidikan PAUD dan di masyarakat.

Manfaat dan tujuan dengan membaca bisa menambah ilmu dan wawasan, meningkatkan kemampuan seseorang dalam menemukan berbagai hal baru dan semakin banyak membaca akan membentuk pribadi yang berilmu dan bijak dalam mengambil keputusan.
Lebih lanjut dikatakan, Gernas Baku serentak secara resmi dilaksanakan tanggal 5 Mei 2018.

PISA (Program For Internasional Student Assement) 2015 dari hasil survei 91,47% anak usia dini lebih suka menonton TV, hanya 13,11% yang suka BACA. Indonesia menempati Urutan 64 dari 72 negara. Adapun tujuannya agar anak mampu berfikir kritis, kreatif, komunikatif, dan mampu berkolaborasi.

Disamping itu orang tua dituntut mendampingi putra–putrinya untuk menguasai berbagai kecakapan literasi. Acara Gernas Baku ini dilaksanakan serentak pada lembaga satuan PAUD Se-Kota Pasuruan pada tanggal 27 Juli 2019 di Lembaga PAUD masing-masing dan diharapkan kepada semua orang tua / wali murid untuk mendukung dan mensukseskan Gernas Baku. (zaelani)

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 

Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Barat

Bali

Jawa Tengah