Rabu, 17 Juli 2019



Barabai Kalsel.  Pencak silat atau silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Kepulauan Nusantara. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura, Filipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran berbagai suku bangsa Nusantara.

Pada Maret 2017, Pencak Silat telah diajukan Pemerintah Republik Indonesia kepada UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia (Intangible Cultural World Heritage). Hal ini adalah salah satu upaya pemerintah dalam memajukan pencak silat sebagai warisan budaya Indonesia. Manfaat Pencak Silat yang diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia adalah mendapat pengakuan dunia internasional, memiliki peluang dipertandingkan dalam cabang olah raga di Olimpiade dan menggali nilai budaya yang terkandung dalam silat.

Dalam rangka Lestarikan Budaya Bangsa Serda  Suprayitno Latihan Pencak Silat Kepada Generasi Muda di SMA Negeri 2 Barabai jalan A. Yani Pantai Hambawang  kecamatan Labuhan Amas Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. pada Rabu,(17/7).

Penyandang Tingkat 2 tahun 2018 Suprayitno sudah beberapa kali membawa  Tim Pencak Silat Kabupaten Hulu Sungai Tengah dibeberapa ajang perlombaan,  terakhir pada tahun 2017 berhasil meraih medali emas katagori seni  beregu putri dalam kejuaraan Pekan olahraga Provinsi Kalimantan Selatan di Tanjung Tabalong  bahkan ada yang sampai mengikuti seleksi Prapon yang baru baru ini di Pekanbaru Provinsi  Riau, terang Suprayitno.

Masih menurut Suprayitno bahwa anak didiknya ini melaksanakan latihan dalam seminggu sebanyak tiga kali pertemuan,  sedangkan untuk tempat latihan ada tiga tempat yaitu di Aula Sapta Marga Kodim 1002/Barabai pada Sabtu malam, di Gedung Olahraga 24 Desember Barabai Minggu pagi dan SMA Negeri 2 Barabai pada hari Rabu sore,pungkasnya.(pendim1002).

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 

Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Barat

Bali

Jawa Tengah