Jumat, 01 Maret 2019



Bolmong, Sultra - Operasi SAR terhadap warga yang terjebak longsor tambang emas ilegal di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Bolaang Mongondow Sulut, memasuki hari ke dua, Kamis (28/02/2019). Upaya pencarian oleh Basarnas, Tim SAR Marinir dari Yonmarhanlan VIII Bitung dan unsur SAR lainnya sudah dilakukan sejak pagi tadi. Sampai dengan sore hari korban yang berhasil dievakuasi sebanyak 27 orang dengan rincian 19 orang selamat dan 8 orang meninggal dunia.

Kegiatan evakuasi di hari kedua diawali pukul 06.35 Wita di mana tim rescue melakukan briefing dalam rangka Pencarian dan Pertolongan korban di lokasi longsor. Selain dari Basarnas, TNI/Polri, BPBD dan Potensi SAR lainnya Pencarian dan Pertolongan dilakukan oleh masyarakat yang turut terjun dengan tim SAR. Bertolak dari Posko SAR Desa Bakan Bolmong Tim SAR Marinir bersama dengam Basarnas dan unsur lainnya bergerak menuju titik pencarian dan evakuasi di lokasi longsor dan tiba pada pukul 08.15 Wita, sebagaimana sesuai dengan rencana operasi SAR.

Hingga petang upaya pencarian oleh tim SAR gabungan sudah membuahkan hasil. Meskipun jalannya operasi SAR harus melalui medan yang sulit. Danton SAR dari Batalyon Marhanlan VIII Bitung, Letda Mar Basuki mengatakan sulitnya medan yang dilalui dan masih adanya potensi longsor di area pertambangan sedikit menghambat pergerakan dan tim harus menggunakan teknik vertikal rescue untuk melakukan evakuasi dan pencarian.

Meski demikian sampai dengan sore hari dilaporkan korban yang berhasil dievakuasi sebanyak 27 orang dengan rincian 19 orang selamat dan 8 orang meninggal dunia.(dispenkormar@2019).

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 

Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Barat

Bali

Jawa Tengah