Header AD

Apa Jadinya Bila Siswa Tak Memiliki Kedisiplinan Dan Rasa Tanggung Jawab?

Dokumentasi foto: Kodim Sintang



Kedisiplinan siswa sangat penting untuk kemajuan sekolah itu sendiri. Sekolah yang tertib akan menciptakan proses pembelajaran yang baik. Namun sebaliknya, di sekolah yang kurang tertib kondisinya akan jauh berbeda dan proses pembelajaran menjadi kurang efektif.

Meningkatkan kedisiplinan terhadap siswa sangat penting dilakukan oleh sekolah, mengingat sekolah merupakan tempat generasi penerus bangsa. Salah satu faktor yang membantu para siswa meraih sukses dimasa depan yaitu dengan kedisiplinan. Para siswa dalam melakukan kegiatan belajar di sekolah tidak terlepas dari berbagi peraturan dan tata tertib yang telah diberlakukan di sekolahnya, dan setiap siswa harus berprilaku sesuai dengan tata tertib yang telah ada di sekolahnya.

Dewasa ini terjadi kemunduran dalam penegakan disiplin di lembaga pendidikan. Sekolah terkadang begitu lunak dalam menegakkan sikap displin. Pada titik inilah kemunduran akan terjadi. Dengan hilangnya kedisiplinan di sekolah menciptakan suasana lingkungan belajar yang tidak nyaman dan tentram di dalam kelas. Siswa yang tidak disiplin yaitu siswa yang tidak hadir tepat waktu, tidak taat terhadap semua perturan yang diterapkan di sekolah, serta berperilaku tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

Disiplin sangat penting dan dibutuhkan oleh setiap siswa disekolah. Disiplin menjadi prasyarat bagi pembentukan sikap, perilaku dan tata kehidupan berdisiplin yang akan mengantarkan seorang siswa sukses dalam belajar dan kelak ketika bekerja.
Beberapa fungsi disiplin antara lain sebagai berikut :

a. Menata Kehidupan Bersama

Manusia adalah makhluk unik yang memiliki ciri, sifat, kepribadian, latar belakang dan pola pikir yang berbeda-beda selain sebagai satu individu juga sebagai makhluk sosial, selalu terkait dan berhubungan dengan orang lain.
Fungsi disiplin adalah mengatur tata kehidupan manusia dalam kelompok tertentu atau dalam masyarakat. Dengan begitu, hubungan antara individu satu dengan yang lain menjadi baik dan lancar.

b. Membangun Kepribadian
Kepribadian adalah keseluruhan sifat, tingkah laku dan pola hidup seseorang yang tercermin dalam penampilan, perkataan dan perbuatan sehari-hari. Pertumbuhan kepribadian seseorang biasanya di pengaruhi oleh faktor lingkungan keluarga, lingkungan pergaulan, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah. Jadi lingkungan yang berdisiplin baik, sangat berpengaruh terhadap kepribadian seseorang. Apabila seorang siswa yang sedang tumbuh kepribadiannya tentu lingkungan sekolah yang tertib, teratur, tenang, tenteram, sangat berperan dalam membangun kepribadian yang baik.

c. Melatih Kepribadian
Sikap, perilaku dan pola kehidupan yang baik dan berdisiplin tidak terbentuk serta merta dalam waktu singkat. Namun terbentuk melalui satu proses yang membutuhkan waktu panjang. Salah satu proses untuk membentuk kepribadian tersebut dilakukan melalui latihan.



Jadi dalam penanggulangan disiplin ini diperlukan adanya tata tertib sekolah, konsistensi dan menerapkan disiplin sekolah dan kemitraan dengan orang tua. Tindakan penanggulangan dapat di lakukan melalui langkah prevensif, represif dan kuratif. Sanksi yang diberikan tidak boleh dilakukan secara emosional dan sesuai selera, tetapi harus mengacu pada standar dan aturan yang ada serta bertujuan mendidik.

Dengan hal-hal tersebut disiplin di sekolah dapat ditegakkan dan dipulihkan. Jika tidak maka kemunduran dalam proses pembelajaran akan terjadi.. Diharapkan sekolah menjadi salah satu lembaga yang konsisten dalam penegakkan disiplin siswa sehingga tercipta hasil belajar yang baik dan perubahan perilaku siswa yang lebih positif.

Penulis: Cellybeto/depoedu
Apa Jadinya Bila Siswa Tak Memiliki Kedisiplinan Dan Rasa Tanggung Jawab? Apa Jadinya Bila Siswa Tak Memiliki Kedisiplinan Dan Rasa Tanggung Jawab? Reviewed by admportal on Agustus 06, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar