Kamis, 15 Agustus 2019



Cilacap, Jateng - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Pramuka ke 58 Tahun 2019, Dannramil dan Babinsa Jajaran Kodim 0703/Cilacap menghadiri Upacara Peringatan Hari Jadi Pramuka di wilayah binaannya. Seperti halnya di Kecamatan Gandrungmangu dan Kecamatan Nusawungu. Kapten Inf Marjono selaku Danramil 10 Gandrungmangu hadir dan hal sama juga dilakukan Kapten Cba M. Issa Saefudin selaku Danramil 05/Nusawungu, Rabu (14/8).

Pada upacara tersebut juga dihadiri Majelis Pembimbing Ranting lainnya baik dari Camat maupun Polsek setempat, Ketua Kwartir Ranting beserta pengurus, Kepala Desa selaku Mabisa, Mabigus dari gugus depan SD, SMP dan SMA/SMK dan diikuti oleh anggota Pramuka baik Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega serta Pembina Kwartir Ranting.

Dengan tema "Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI" kali in, dalam amanatnya, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengajak kepada anggota Pramuka harus menepati janjinya yaitu Tri Satya dan Dasadarma sehingga dengan Trisatya dan Dasadarma tersebut anggota Pramuka diharapkan siap menjaga Keutuhan NKRI melalui implementasi kehidupannya sehari-hari.

Terkait apa yang disampaikan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Danramil maupun Babinsa Jajaran Kodim 0703/Cilacap selain mengucapkan Selamat Hari Jadi Pramuka ke 58 tahun 2019 ini mengajak kepada seluruh anggota Pramuka yang ada di jajarannya untuk semakin meningkatkan kreatifitasnya, semakin produktif dan inovatif. Pramuka sebagai bagian komponen bangsa harus terus menunjukkan perannya dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

" Pramuka merupakan wadah dari generasi penerus Bangsa yang penuh kedisiplinan, tanggung jawab. Maka itu pramuka selalu ada di tengah masyarakat di setiap wilayah mempunyai kwartir, pramuka merupakan perekat NKRI,” Ucap Danramil Kapten Cba. M. Issa Saefudin.

Bulan Agustus ini juga telah ditetapkan sebagai bulan bakti Pramuka yang didalamnya diisi kegiatan bakti sosial Pramuka seperti kerja bakti masyarakat, bersih pantai, donor darah dan sebagainya. Disini, Pramuka dituntut berperan dalam menjaga bumi dengan menggalakkan pengurangan sampah plastik.

Ditempat berbeda, Babinsa Pelda Cipto juga menyampaikan bahwa Pramuka berasal dari kata Praja Muda Karana yang artinya sekumpulan anak muda yang suka berkarya. Dia berharap sebagai anak Pramuka hendaknya bisa mengisi masa mudanya dengan kegiatan yang positif. Pramuka harus mampu membawa generasi muda kearah yang lebih baik, menjadikan yang negatif menjadi positif.

Bro

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 

Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Barat

Bali

Jawa Tengah