Header AD

Kapten Inf Subhan, Yakinkan Pancasila Sebagai Ideologi Negara Kepada Peserta PKBN




Barabai Kalsel. www.siaranpublik.id -  Bertempat di Bengkel Lapangan SMK Negeri 2 Barabai Kapten Inf Subhan memberikan materi Pancasila sebagai Ideologi Negara kepada peserta Pendidikan Karakter Bela Negara angkatan ke-II tahun 2019 SMKN 2 Barabai,pada Rabu,(7/8).

Disampaikan oleh Kapten Inf Subhan bahwa Ideologi pancasila telah disepakati oleh para pendiri bangsa kita sebagai landasan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai ideologi, pancasila memiliki peranan yang mengakar dalam menentukan setiap gerakan dan arahan kehidupan bangsa ini
Ideologi berasal dari kata ”ideos” dan ”logos”, yang artinya cita-cita, cara pandang, pemikiran, dan ilmu dalam bahasa Yunani. Pada perkembangannya, ideologi sering diartikan sebagai seperangkat cita-cita atau ide yang menjadi sebuah keyakinan dan menentukan kerangka berpikir seseorang untuk mewujudkan cita-cita tertentu berlandaskan ilmu pengetahuan.
Dengan demikian, ideologi pancasila dapat diartikan sebagai seperangkat ide atau cita-cita yang menentukan keyakinan dan cara berpikir untuk mewujudkan suatu tujuan dengan berlandaskan pada lima sila dalam pancasila.
Lebih lanjut masih menurut Subhan poin penting yang perlu kita garis bawahi di sini adalah ”berlandaskan pada lima sila atau pancasila”. Ideologi berada pada tataran ide, cita-cita dan gagasan. Dalam penerapannya, setiap tindakan individu sebagai bagian dari bangsa harus dipandu, didorong dan diarahkan oleh ide dan cita-cita yang membentuk ideologi pancasila.
Singkatnya, oleh karena ideologi bangsa Indonesia yang disepakati adalah pancasila, maka setiap tindakan kita sebagai warga negara dan bagaian dari masyarakat Indonesia harus selaras dengan nilai-nilai pancasila,”pungkasnya.(pendim1002).
Kapten Inf Subhan, Yakinkan Pancasila Sebagai Ideologi Negara Kepada Peserta PKBN Kapten Inf Subhan, Yakinkan Pancasila Sebagai Ideologi Negara Kepada Peserta PKBN Reviewed by admportal on Agustus 07, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar