Jumat, 16 Agustus 2019

author photo



Kulon Progo. DIY, www.siaranpublik.id - Kodim 0731/Kulon Progo, selenggarakan Lomba Tari Kreasi Perjuangan dan Lomba Musik Jalanan dalam rangka Giat Komsos Kreatif Tahun 2019, dengan tema Melalui Kegiatan Komsos Kreatif, Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara serta Menjaga dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI.  Kegiatan berlangsung di Jalan Lingkar Alun-Alun Wates, depan Makodim 0731/Kulon Progo, Kamis (15/08/2019).

Lomba Tari Kreasi Perjuangan diikuti oleh pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Kulon Progo, dengan jumlah peserta 12 grup, sedangkan Lomba Musik Jalanan diikuti oleh masyarakat umum dengan jumlah peserta 10 grup. Penilaian dilakukan oleh Dewan Yuri dari Dinas Pendidikan dan Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo.

Dandim 0731/Kulon Progo, Letkol Inf Dodit Susanto, A.Md., dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Komunikasi Sosial Kreatif (Komsos Kreatif), merupakan salah satu program dari Komando Atas, yang dilaksanakan oleh Kodim 0731/Kulon Progo, dalam bentuk Tari Kreasi Perjuangan dan Musik Jalanan, dengan maksud sebagai upaya memberdayakan potensi kearifan lokal yang ada di wilayah Kulon Progo, sehingga dapat tumbuh dan berkembang sebagai kekayaan dan khasanah budaya bangsa.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya untuk mengikis dan membatasi budaya-budaya asing yang masuk melalui media sosial, sehingga masyarakat khususnya dikalangan pendidikan dapat mempertahankan, melestarikan dan mengembangkan budaya daerah serta dapat memberikan pemahaman dan mengajak kepada seluruh komponen bangsa lainnya untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan rasa kebangsaan.

Momentum ini jangan hanya dijadikan sebagai ajang perlombaan, namun agar dijadikan upaya untuk mengembangkan minat dan bakat serta potensi kreatifitas yang dimiliki oleh para peserta, pesan Dandim.

Dari hasil penilaian Dewan Yuri yang dibacakan oleh Dandim 0731/Kulon Progo, untuk Lomba Tari Kreasi Perjuangan Juara I SMK Negeri 1 Panjatan, Juara II SMA Negeri 2 Wates dan Juara III SMK Kes. CSI Wates, sedangkan untuk Lomba Musik Jalanan Juara I  Grup Srawung Krumpyung Kokap, Juara II  MW Classic Bendungan Wates dan Juara III Hastamanada Kedundang Temon.

Penyerahan piala bagi para juara dilakukan oleh Dandim 0731/Kulon Progo didampingi Dewan Yuri. Selain piala kepada pemenang lomba juga diberikan piagam penghargaan dan uang pembinaan. (Pendim 0731/KP).

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 

Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Barat

Bali

Jawa Tengah