Kamis, 01 Agustus 2019



Barabai Kalsel. www.siaranpublik.id  - Tidak hanya menerima materi materi tentang wawasan kebangsaan,  Bela negara,  akan para peserta PKBN (Pendidikan Karakter Bela Negara)  SMK Negeri 2 Barabai angkatan ke-II tahun 2019 juga diperkenalkan dengan permainan yang bersifat mengasah kemampuan dan kekompakan antar peserta.

Salah satu dengan permainan Matematika Bela Negara dengan koordinator materi Sersan Mayor Puji Santoso yang diikuti oleh peserta PKBN SMK Negeri 2 Barabai bertempat di halaman sekolah, pada Kamis (01/8).

Seperti dijelaskan oleh Serma Puji Santoso bahwa permainan Matematika Bela Negara  mirip dengan permainan monopoli dan ular tangga, yang dapat dimainkan oleh 4 pemain. Namun yang membedakan dari permainan ini adalah ada unsur matematika, yaitu penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dari hasil buah dadu yang dilemparkan.

Para  pemain juga harus dapat menjawab pertanyaan seputar pengetahuan tentang bela negara, Nusantara, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, Pancasila serta soal tentang sejarah perjuangan bangsa. Pemain baru bisa dinyatakan menang, apabila semua pertanyaan dapat dijawab dengan tepat dan benar.jelasnya.

Masih menurut Puji Santoso selain dibutuhkan kecepatan dalam berpikir, pada permainan ini juga diuji kemampuan pemain dalam menguasai materi tentang bela negara, sejarah, dan hidup bertoleransi dengan masyarakat sekitar.

Dengan permainan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa bela negara dan cinta tanah air  para peserta Pendidikan Karakter Bela Negara SMK Negeri 2 Barabai angkatan ke-II tahun 2019  bisa hidup berdampingan sesuai norma Pancasila dan Ke-Bhineka Tunggal Ika-an,"tegasnya.(pendim102).

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 

Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Barat

Bali

Jawa Tengah