Header AD

Semarak Hari Jadi Kabupaten Pati Ke 696

Bupati Pati saat peringatan Hari Jadi Kabupaten Pati ke 696 (Sumber foto Kodim 0718/Pati)


Sejarah Kabupaten Pati, (Kabupatèn Pathi) adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya adalah Pati. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Rembang di Timur, Kabupaten Blora dan Kabupaten Grobogan di Selatan, serta Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara di Barat. Kabupaten Pati terkenal dengan semboyan Pati Bumi Mina Tani.

Sejarah Kabupaten Pati berpangkal dari beberapa gambar yang terdapat pada Lambang Daerah Kabupaten Pati yang sudah disahkan dalam Peraturan Daerah No. 1 Tahun 1971 yaitu gambar yang berupa: "keris rambut pinutung dan kuluk kanigara".

Menurut cerita rakyat yang terdapat juga pada kitab Babat Pati dan kitab Babat lainnya, dua pusaka yaitu "keris rambut pinutung dan kuluk kanigara" merupakan lambang kekuasan dan kekuatan yang juga merupakan simbul kesatuan dan persatuan.

Disebutkan bahwa, 'Barangsiapa yang memiliki dua pusaka tersebut, akan mampu menguasai dan berkuasa memerintah di Pulau Jawa. Adapun yang memiliki dua pusaka tersebut adalah Raden Sukmayana pembesar dari Majasemi andalan Kadipaten Carangsoka.

Dalam Kirab Hari Jadi kabupaten Pati ke 696 tanggal 7 Agustus 2019 disuguhkan padare Kereta kencana yang didatangkan dari keraton Solo. Penampilan kereta kencana sangat  memukau puluhan ribu warga yang menyaksikan kirab .

"Kirab budaya dari Kemiri menuju Kaborongan, merupakan gambaran  boyongan (pindahan) pusat pemerintahan Kabupaten Pati 696 tahun yang lampau" terang bupati H Haryanto.

Ada juga gelar Seni tari Topeng Ireng (Dayakan) dari Magelang. Dan sebagai penutup kirab, ditampilkan fragmenWarga masyarakat Pati dan sekitar dengan jumlah puluhan ribu pun berdesakan di sepanjang perjalanan Kirab yang menempuh jarak sekitar 3 kilometer.

Sumber: Penerangan
Semarak Hari Jadi Kabupaten Pati Ke 696 Semarak Hari Jadi Kabupaten Pati Ke 696 Reviewed by T-Detik on Agustus 08, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD