Minggu, 29 September 2019




Barabai Kalsel. Babinsa Koramil 1002-01/Birayang Serda Wahyu Arip Sasmito sambangi warga binaan di pengunungan meratus dalam gelaran Aruh Adat Bawanang atau Aruh Ganal (Selamatan Besar) di Balai Adat Kampung Kiyu Desa Hinas Kiri Kecamatan Batang Alai Timur  Kabupaten Hulu Sungai Tengah. pada Sabtu (28/9) malam.

Seperti disampaikan oleh Serda Wahyu, penuh perjuangan untuk sampai di desa Hinas Kiri, disamping jaraknya yang lumayan jauh sekitar 45 Km dari Makoramil 1002-01/Birayang, jalanan pegunungan dan berbatu sudah menanti.

Namun semua itu tidak menyurutkan niat untuk menyambangi warga binaan yang sedang melaksanakan pesta adat dayak meratus yaitu Aruh Adat Bawanang/Balagatan,"tuturnya.



Sementara itu Kepala Balai  Kiyu atau Kepala Balian Bapak Sehat bahwa acara aruh adat Bawanang digelar selama enam hari enam malam,"ujarnya.

Masih menurut Sehat, Pesta Aruh Adat Bawanang ini merupakan tradisi leluhur warga dayak meratus sebagai ungkapan rasa syukur kepada sang pencipta atau ke tuhan Yang Maha Kuasa atas rejeki atau nikmat kehidupan dari warga dayak Meratus.
Dalam aruh adat kali ini diikuti oleh 24 umbun (Kepala Keluarga) 149 jiwa dan Satu Balian yaitu Balian Kiyu,"terangnya.(pendim1002).

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 

Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Barat

Bali

Jawa Tengah