Sabtu, 28 September 2019



Lumajang, Jatim – Hutan yang terbakar di kawasan Gunung Semeru Kabupaten Lumajang, Jawa Timur sudah berhasil dipadamkan, namun demikian petugas dan masyarakat diharap tetap waspada mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu, sehingga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dapat terjadi sewaktu-waktu.

Hal tersebut disampaikan oleh Batu Puanter Kodim 0821 Lumajang Peltu Ocik Ahmadi usai pelaksanaan Apel Pemberhentian Upaya Penanganan Karhutla Kawasan Gunung Semeru di halaman Pos Resort Pangkuan Taman Nasional (RPTN) Ranupani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (28/9/2019).

Ocik juga menyampaikan, bahwa pemadaman api yang menggunakan alat sederhana dan peraonel yang terbatas ditambah medan yang suli membuat proses pemadaman mengalami kesulitan, tetapi berkat hujan yang turun semalam api di beberapa titik kawasan Gunung Semeru dapat dipadamkan.

"Sebagai antisipasi, TNI (Kodim 0821, red) akan selalu berkoordinasi dengan semua pihak dan siap untuk lakukan penanganan karhutla jika kembali terjadi, karena kami tidak ingin dampaknya berpengaruh terhadap kelestarian alam maupun dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, melalui babinsa yang ada di wilayah, pihaknya akan memberikan sosialisai kepada masyarakat, untuk turut serta menjaga kawasan hutan, agar karhutla tidak terjadi lagi.

"Bersama dengan petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, kita akan selalu berkoordinasi untuk melakukan pemantauan kawasan hutan Gunung Semeru, sehingga jika terjadi karhutla dapat segera di atasi," pungkasnya.

Bro

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 

Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Barat

Bali

Jawa Tengah