Jumat, 06 September 2019




Kapuas, Kalbar - Komandan Kodim 1011/Kuala Kapuas, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P., yang diwakili Perwira Penghubung (Pabung) Pulang Pisau Kodim 1011/Klk, Mayor Inf Mulyadi mendampingi Tim dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI yang dipimpin oleh Mayjen TNI (Purn) Amrin. Hal ini dalam rangka melakukan peninjauan dan pengecekan Posko Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang berlokasi di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau.

Adapun Posko tersebut meliputi, Poslap Palingkau Baru, Posko Induk Pulpis dan Poslap Tanjung Taruna.

Turut dalam rombongan Tim BNPB RI diataranya Marsda TNI (Purn) Bonar Hutagaol, Rizki, Nurdin, Indah, Kolonel Cpm Subiyakto (LO Darat Kalteng) dan Kolonel Kes Purba (LO Udara Kalteng).

Dalam kunjunganya, Mayjen TNI (Purn) Amrin mengatakan, tugas Satgas Karhutla adalah melaksanakan pencegahan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), namun tidak menutup kemungkinan juga ikut melaksanakan pemadaman.

"untuk itu maksimalkan dalam pelaksanaan Karhutla, dengan antisipasi serta cegah dini, apalagi sekarang ini kita menghadapi musim kemarau. Selain itu juga, agar selalu aktif dengan mensosialisasikan tentang dampak dari Karhutla kepada masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat dapat memahami dan turut berperan dalam terjadinya Karhutla," ujarnya.

Kalimantan Tengah merupakan rawan akan Karhutla, apabila terjadi kebakaran susah untuk dipadamkan, berapapun personel dikerahkan tidak akan maksimal, karena lahan tersebut merupakan lahan gambut. Maka dari itu beri imbauan peringatan kepada masyarakat serta sanksi kepada siapa saja yang dengan sengaja membakar hutan," tambahnya.

Dilokasi yang sama, Pabung Pulang Pisau, Mayor Inf Mulyadi menyampaikan, kegiatan tersebut dalam rangka peninjauan dan pengecekan terhadap kondisi personel dan tanggung jawab Satgas Karhutla serta peralatan.

"Satgas Karhutla tersebut beranggotakan gabungan dari TNI, Polri, BPBD Kabupaten, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA) serta unsur terkait lainya," ungkapnya.

Sementara itu, Udin warga Desa Palingkau Baru mengungkapkan, dengan adanya Satgas Gabungan ini dapat mengurangi Karhutla dan sekaligus menyadarkan masyarakat tentang akibat yang ditimbulkan dari Karhutla," ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Satgas Karhutla Prov. Kalteng antara lain AKBP Mansur Pardosi (Kabag Dalops Roops Polda Kalteng), Mayor Inf J. Nidio A. (Pasiops Siopsrem 102/Pjg), Alpius Patanan, S.Hut. (Kabid Operasi Satgas Karhutla Prov. Kalteng), dalam peninjauan Posko Karhutla. (Pendam XII/Tpr)

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 

Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Barat

Bali

Jawa Tengah