Jumat, 20 September 2019




Lumajang,Jatim  – Bamin Tuud Koramil 0821/13 Kunir Serka Bibit Suhendro mengajak petani untuk selalu menjaga kebersihan saluran irigasi, agar dapat berfungsi dengan baik.

Hal tersebut dikatakannya saat mewakili Danramil menghadiri pertemuan Hippa Tirto Semeru di rumah Abdul Wahid, warga Dusun Panggung Gempol RT 001 RW 004 Desa Dorogowok Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (19/9/2019).

Bibit juga mengatakan, di samping melaksanakan tugas pembinaan wilayah, Personel Koramil 0821/13 Kunir juga berkewajiban mendampingi petani dalam meningkatkan hasil panen, serta bersinergi dengan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan pihak terkait untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi petani.

“Air merupakan salah satu kebutuhan pokok petani, untuk itu kebersihan dan kelancaran saluran irigasi perlu untuk selalu dijaga,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis Balai Penyuluh Pertanian (UPT BPP) Kecamatan Kunir, Tri Putranto menyampaikan, bahwa pertemuan rutin ini untuk mengevaluasi progam yang telah dilaksanakan serta menyusun program ke depan.

Dia menambahkan, salah satu perencanaan program yang dibahas adalah pembersihan saluran irigasi dari sampah, rumput liar serta pengerukan dasar saluran yang sudah tertimbun lumpur.

"Dengan pembersihan tersebut diharapkan air dapat mengalir lebih lancar dengan debit air yang bertambah, sehingga dapat memenuhi kebutuhan petani dalam mengairi lahan pertaniannya,” lanjutnya.

Tri juga berharap, program kerja Hippa Tirto Semeru yang tersusun nantinya dapat membantu peningkatan hasil panen, sehingga dapat menunjang keberhasilan Program Ketahanan Pangan Nasional seperti yang diharapkan pemerintah. (Pendim0821/Fj).

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 

Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Barat

Bali

Jawa Tengah