Selasa, 01 Oktober 2019





Denpasar, Bali, siaranpublik.id  - Tepat hari ini, tanggal 1 Oktober merupakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila, yang faktanya berkaitan erat dengan peristiwa Gerakan 30 September 1965 (G30S/PKI). Kesaktian Pancasila juga memiliki makna sebagai hari perkabungan nasional karena sebelumnya telah terjadi tragedi penculikan dan pembunuhan yang menewaskan para jenderal terbaik di Indonesia, antara lain Letjen A. Yani, Mayjen R. Soeprapto, Mayjen MT. Haryono, Mayjen S. Parman, Brigjen DI. Pandjaitan, Brigjen Sutoyo, dan Lettu Pierre Andreas Tendean.

Pada dasarnya, peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah untuk memperkokoh peran Pancasila yang menjadi dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Sebagai dasar negara, Pancasila memiliki peran strategis sebagai pondasi dasar sebuah negara. Selain itu, Pancasila juga memiliki makna sebagai pedoman dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan yang meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya serta pertahanan dan keamanan.

Memperingati momen tersebut, pagi ini, Selasa (1/10/2019) di Lapangan Makorem 163/WSA, Denpasar, Kodam IX/Udayana menggelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila, dengan bertindak sebagai Inspektur Upacara Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., dan Komandan Upacara Dandenhubrem 163/WSA Letkol Chb Heri Gunawan serta diikuti oleh sekitar 600 personil Militer dan PNS Kodam IX/Udayana.

Sesuai dengan tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini yakni "Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia", warga Kodam IX/Udayana diharapkan bisa menjadi tauladan untuk mempedomani serta mengimplementasikan Pancasila guna meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang menjadi karakter bangsa, sehingga dapat menguatkan Pancasila sebagai simbol pemersatu bangsa. Sebab berbagai peristiwa yang pernah terjadi semenjak Proklamasi hingga saat ini, pada akhirnya tidak menggoyahkan Pancasila sebagai dasar negara. Disanalah Kesaktian Pancasila itu diuji.

Seluruh rangkaian Upacara Hari Kesaktian Pancasila Kodam IX/Udayana yang berjalan dengan penuh khidmat tersebut, dihadiri juga oleh Irdam IX/Udy, Danrem 163/WSA, Sahli Pangdam IX/Udy, Para Asisten Kasdam IX/Udy, LO AL, LO AU, dan Para Dan/Kabalak Dam IX/Udy. (Pendam IX/Udy)

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 

Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Barat

Bali

Jawa Tengah