Header AD

Festival Kolaborasi Seni Musik Tradisional Dan Tari Kreasi Budaya





Pasuruan, Jatim, siaranpublik.id - Inspiring City Pasuruan. Indonesia memiliki kekayaan adat dan budaya, ratusan bahkan ribuan seni termasuk Kota Pasuruan. Masa sekarang ini merupakan generasi digital, dengan pesatnya perkembangan teknologi yang sangat mempengaruhi kehidupan.

Tantangan dalam memberikan sosialisasi, bimbingan, motivasi, arahan untuk cinta budaya lebih berat, karena masyarakat lebih larut dalam mengimbangi perkembangan kecanggihan teknologi.

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pasuruan Ke 334 Tahun 2020, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pasuruan pada hari Selasa tanggal 3 Maret 2020 di Taman Kota Pasuruan menyelenggarakan festival kolaborasi seni musik tradisional dan tari kreasi budaya.

Festival tersebut dibuka secara resmi oleh Plt. Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kota Pasuruan dihadiri Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Camat, Lurah, Kepala Sekolah Se-Kota Pasuruan, Dewan Juri, peserta serta undangan lain.



Menurut Plt. Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pasuruan Ir. Siti Zuniati, MM mengatakan maksud kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat Kota Pasuruan bahwa cinta seni dan budaya penting untuk digali dan dicintai serta diinovasi mengimbangi perkembangan kecanggihan teknologi.

Memberikan pemahaman secara luas, bahwa Tari Pasuruan Kondang diciptakan oleh pecinta seni asli masyarakat Kota Pasuruan jangan sampai  Patenkan  daerah lain, karena mungkin kita terlena dengan perjalanan waktu.

Adapun tujuannya dari motivasi diri, mampu mendorong masyarakat melalui kesadarannya bersedia menjaga, merawat, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya serta masyarakat mampu berinovasi dalam mengembangkan seni dan budaya mengimbangi perkembangan kecanggihan teknologi.

Festival kolaborasi seni musik tradisional diikuti oleh 34 Kelurahan Se-Kota Pasuruan, masing-masing Kelurahan terdiri dari 15 orang.

Total 510 orang. Sedangkan lomba tari kreasi budaya “Tari Pasuruan Kondang” dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 4 Maret 2020 di Taman Kota Pasuruan diikuti oleh 4 Kecamatan dan 34 Kelurahan Se-Kota Pasuruan. Masing-masing grup terdiri dari 10 orang. Total 380 orang.

Sambutan dan arahan Plt. Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Bapak H. Mahbub Efendi, SE, MM mengatakan  kami dari unsur Pemerintah Daerah berkomitmen untuk selalu mendukung kerja keras dan kreatifitas para seniman/budayawan Kota Pasuruan untuk menciptakan kreasi-kreasi seni baru yang berkualitas. Kemampuan daya cipta dalam mewujudkan karya seni yang belum pernah ada atau karya seni yang sudah ada dengan kreasi baru harus benar-benar ditumbuhkembangkan.



Dengan kegiatan semacam ini diharapkan akan mampu menjadikan Kota Pasuruan sebagai “Kota Wisata Budaya” dengan berbagai kegiatan yang beragam, baik berupa aktivitas budaya seperti pertunjukan kesenian, festival kebudayaan, atau bisa juga sekaligus kunjungan terhadap situs cagar budaya warisan masa lampau atau biasa disebut sebagai wisata pusaka (heritage tourism).

Perlu diketahui, dewan juri memilih dan menempatkan juara sebagai berikut Juara I,II,III dan Juara Harapan I,II,III serta masing-masing mendapatkan tropy, piagam penghargaan dan uang pembinaan. (Zaelani)

Festival Kolaborasi Seni Musik Tradisional Dan Tari Kreasi Budaya Festival Kolaborasi Seni Musik Tradisional Dan Tari Kreasi Budaya Reviewed by admin dua on Maret 03, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar