Header AD

Plt. Walikota Hadiri Pagelaran Wayang Kulit Peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan ke 334




Pasuruan, Siaranpublik.id  - Inspiring City Pasuruan. Masih dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Kota Pasuruan ke 334 Tahun 2020, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kota Pasuruan pada hari Sabtu malam tanggal 29 Februari 2020 menyelenggarakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Kegiatan tersebut bertempat di Taman Kota Pasuruan dihadiri oleh Plt. Walikota Pasuruan, Ketua DPRD Kota Pasuruan, jajaran Forkopimda, Kepala OPD/camat/lurah Se-Kota, ribuan penonton. Pagelaran wayang kulit tersebut mengambil lakon Senopati Pinilih Mbangun Kutho dengan dalang Ki Tjipto Sabdo Utomo.


Plt.  Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST menyampaikan bahwa melalui pagelaran wayang kulit ini diharapkan mampu merekatkan serta memupuk hubungan antara masyarakat untuk mencintai budaya nenek moyang yang adi luhur sebagai pemersatu bangsa.

Serta diharapkan kepada masyarakat  khususnya generasi muda untuk mencintai budaya adi luhur dengan sungguh-sungguh dan tidak setengah-setengah, dengan demikian keberadaan budaya wayang kulit ini akan tetap terjaga sampai anak cucu kita nanti.

Melalui pagelaran wayang kulit ini masyarakat dan generasi muda dituntut untuk mencintai dan menghayati arti falsafah dari wayang kulit, karena sesungguhnya setiap pertunjukkan wayang kulit juga membawa pesan-pesan yang mengajak masyarakat untuk berbuat kebaikan.

Kita jadikan tontonan wayang ini  sebagai tuntunan dan teladan untuk berbuat kebaikan, karena bagaimanapun juga pertunjukkan wayang juga merupakan salah satu sarana edukasi bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Plt. Walikota Pasuruan  mengajak kepada seluruh dan elemen kepemudaan, komunitas, seniman dan budayawan Kota Pasuruan untuk mempertahankan dan melestarikan warisan budaya yang ada di Kota Pasuruan.  (Zaelani)
Plt. Walikota Hadiri Pagelaran Wayang Kulit Peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan ke 334 Plt. Walikota Hadiri Pagelaran Wayang Kulit Peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan ke 334 Reviewed by admin dua on Maret 01, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar