Header AD

Respon Cepat Pemkot Pasuruan Sikapi Kebijakan Pemerintah Pusat



Pasuruan - Sikap sejumlah Fraksi di DPRD Kota Pasuruan yang mendorong pemerintah agar segera melakukan langkah-langkah penanggulangan Covid-19 (Corona) secara menyeluruh baik langkah pencegahan maupun dampak ekonomi-sosialnya, selaras dengan arahan Mentri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada pemerintah daerah seluruh Indonesia.

Arahan Tito Karnavian yang disampaikan melalui telekonfrens, menekankan pada refokus anggaran dan realokasi anggaran dalam penanganan Covid-19

Hal itu diterangkan Sekda Kota Pasuruan, Bahrul Ulum usai mengikuti telekonfrens di ruang Media Command Center Pemerintah Kota Pasuruan, Jumat (03/04).

"Saat ini refokus anggaran sedang disusun Pemerintah Kota Pasuruan. Yaitu upaya pencegahan Covid-19 dengan langkah  memperkuat rumah sakit yang ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan dan dampak sosial ekonominya, "ucapnya.

Relokasi anggaran yaitu penggeseran anggaran juga sedang disusun pemerintah. Sejumlah proyek fisik di tiap OPD yang tidak begitu perlu akan digeser. Juga anggaran untuk Mamin (makanan dan minuman) dan kegiatan seminar digeser untuk penanganan dampak ekonomi -sosialnya.

Untuk pengadaan peralatan medis dan obat-obatan dilakukan pergeseran anggaran di Dinas Kesehatan dan BPBD.

Ditanya soal besaran anggaran yang akan disiapkan. Bahrul Umum tidak menyebut nominal. Tapi dia menyebut angka yang bakal disiapkan diatas usulan Fraksi PKS yang mengusulkan Rp 5 milyar.

Seperti usulan sejumlah Fraksi, pemerintah saat ini sedang meramu bantuan atau stimulan bagi UMKM dan pedagang kaki lima yang terdampak penanganan Covid-19.

"Pemerintah Kota Pasuruan masih meramu bentuk, teknis dan besaran bantuan yang akan di berikan kepada UMKM dan pedagang kaki lima yang terdampak, "terang Bahrul Ulum.

Sebelumnya ditempat yang sama M. Mahbub  Efendi, Kepala Dinas Tenaga Kerja-Transmigrasi Kota Pasuruan mengatakan, arahan Mentri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada pemerintah daerah se-Indonesia terkait langkah penanggulangan Covid-19. Penekanannya pada masalah refokus anggaran dan realokasi anggaran.

"Mendagri mengatakan, untuk pergeseran anggaran, Pemerintah telah berkoordinasi dengan KPK, BPK, Kejaksaan dan Kepolisian. Mendagri meminta kepada kepala daerah untuk tidak ragu melakukan pergeseran anggaran untuk penanganan virus corona. Baik pencegahannya maupun dampaknya. Asal bener-bener terarah untuk penanggulangan corona dan sesuai dengan mekanisme yang dibolehkan, "kata Mahbub. ***
Respon Cepat Pemkot Pasuruan Sikapi Kebijakan Pemerintah Pusat Respon Cepat Pemkot Pasuruan Sikapi Kebijakan Pemerintah Pusat Reviewed by admin dua on April 08, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar